Pembangkit listrik tenaga matahari terbesar di dunia yang terletak di Shanghai mulai beroperasi. Pembangkit yang menggunakan 20 ribu panel surya photovoltaic bisa mengalirkan listrik hingga 6,3 juta kwh per tahun.

http://www.scientificamerican.com/media/externalnews/2009-09-29T175610Z_01_BTRE58S1DTS00_RTROPTP_2_ENVIRONMENT-US-USA-ENGINEERING-RENEWABLES-analysis.JPG

Aliran listrik itu untuk memenuhi kebutuhan listrik 12 ribu rumah tangga di Shanghai. Panel tenaga surya menempati area seluas 61 ribu meter persegi dan telah menghasilkan 300 ribu kwh sejak proyek senilai 160 juta Yuan ini beroperasi dua minggu lalu.

Terobosan ini akan mengurangi penggunaan batu bara sebesar 2.254 ton dan mengurangi emisi gas karbon sebesar 6.600 ton. "Proyek ini menjadi pembuktian pada komitmen China untuk mengurangi emisi karbon untuk memerangi dampak perubahan iklim," kata Yu Hailong, General Manager of the Beijing-based China Energy Conservation and Environmental Protection Group (CECEP).

Yu Hailong menambahkan, penggunaan energi terbarukan gencar dilakukan setelah negara-negara di dunia sepakat untuk mengurangi 40-45% emisi karbondioksida per unit produk domestik bruto (PDB) sampai tahun 2020.

"Sebagai proyek pelopor, ini akan membantu stimulasi pengembangan energi surya di China dan mempromosikan pembangunan stasiun kereta api yang ramah lingkungan," papar Hailong.

Pembangkit listrik di Shanghai ini menggeser pembangkit listrik tenaga matahari di Olmedilla, Spanyol yang sebelumnya tercatat sebagai yang terbesar di dunia. (Mediaindonesia)


====================================================================================
Silahkan berkomentar sobat-sobat ku, ^.^
Tapi jangan komentar hal-hal yang tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA ya.., hohoho...
Terima Kasih atas kunjungannya... ^0^!
====================================================================================