Pada bulan Juni 1968, seorang kolektor fosil amatir bernama William J. Meister, Sr. mengadakan ekspedisi pencarian fosil di Antelope Spring, 43 mil sebelah barat Delta (Utah). Meister telah banyak menemukan fosil-fosil Trilobite pada lokasi itu ketika kemudian mendapati sebuah lempeng batu setebal 2 inci lalu membelahnya menjadi dua bagian dan menjadi terkejut ketika menemukan fosil jejak kaki yang menginjak Trilobite. Yang lebih mengherankannya adalah jejak kaki tersebut menggunakan sandal.

Sandal itu berukuran panjang 10 ½ inci dan lebar 3 ½ inci dengan bagian tumit agak sedikit cekung. Untuk meyakinkan penemuannya ini, Meister segera membawa fosil ini ke Melvin Cook, seorang profesor metalurgi dari Universitas Utah yang lalu menyarankannya untuk meminta bantuan geolog. Penemuan ini segera tersebar luas setelah suratkabar terbitan lokal, The Desert News memuat beritanya.

Adanya penemuan ini berarti mengindikasikan bahwa pada masa yang sama dengan era kehidupan Trilobite, yaitu 300.000.000 sampai 600.000.000 tahun yang lalu, telah ada yang menggunakan sandal seukuran tapak kaki manusia dewasa jaman sekarang, yang salah satunya menginjak Trilobite tersebut.

Sebelumnya, pada 1922, sebuah fitur dari The New York Sunday American mengetengahkan tentang Jhon T. Reid, seorang insinyur pertambangan dan ahli geologi terkenal yang tanpa sengaja menemukan bekas jejak sepatu yang telah menjadi fosil batu dari era Triassic (213.000.000 - 248.000.000 tahun yang lalu). Pada pinggiran bagian alas kaki terlihat bekas jahitan yang rapi seperti layaknya menggunakan mesin. Teknik ini tentu saja belum dikenal pada tahun 1922.

Pada tanggal 20 Juli 1968, Dr. Clifford Burdick yang konsultan geologi dari Tucson (Arizona) juga telah melakukan penelitian di Antelope Spring dan kemudian menemukan sebuah fosil jejak kaki seorang anak kecil, berukuran panjang 6 inci, dengan bekas tekanan jari kaki yang saling merenggang, seperti pada seorang anak yang masih belum menggunakan sepatu.

Trilobite adalah organisme berkulit keras, beruas-ruas yang hidup pada lebih dari 300.000.000 tahun yang lalu di bumi dan telah punah sebelum kehidupan era jurassic. Dari data terakhir, para ahli memperkirakan bahwa organisme ini punya 8 ordo, 150 familia, 5.000 genus dan lebih dari 15.000 spesies. Ukuran berbagai spesies Trilobite tersebut sangat bervariasi, dari yang terkecil berukuran dibawah 1 mm hingga yang terbesar berukuran 30 - 70 cm.



====================================================================================
Silahkan berkomentar sobat-sobat ku, ^.^
Tapi jangan komentar hal-hal yang tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA ya.., hohoho...
Terima Kasih atas kunjungannya... ^0^!
====================================================================================