Ternyata sebelum Thomas Edison sudah ditemukan rekam suara pertama, dimana First Sounds, kelompok ahli sejarah suara Amerika Serikat (AS) yang menemukan dan memutar ulang rekaman ini mengungkapkan bahwa rekaman tersebut dibuat pada tanggal 9 April 1860 oleh penemu Perancis, Edouard-Leon Scott de Martinville.

http://abudira.files.wordpress.com/2009/11/covermp3_mik.png

Rekaman tersebut dibuat dengan sebuah alat yang disebut phonautograph yang memindahkan gelombang suara ke dalam selembar kertas yang dihitamkan dengan asap lampu minyak. Untuk memutar ulang suara itu, para ahli membuat pemindaian digital beresolusi sangat tinggi untuk kertas tersebut.

Para ilmuwan menggunakan pencitraan optis dan teknologi virtual untuk membaca hasil rekaman tersebut. Proses perbaikan dilakukan terus untuk menghilangkan suara statis dan hasilnya, pada 3 Maret 2008, terdengarlah rekaman seseorang bernyanyi: ‘Au clair de la lune, Pierrot repondit‘, sebuah lagu Perancis yang jika diterjemahkan berbunyi: ‘dengan berkas sinar bulan, Pierrot menjawab.’

“Menurutku, penemuan ini tidak berpengaruh apa-apa pada status penemuan Thomas Edison. Selama ini Thomas Edison dikenal sebagai orang pertama yang merekam suara. Namun, lebih tepatnya Edison adalah orang pertama yang merekam suara dan memutarnya kembali,” ujar David Giovannoni, peneliti di First Sounds.

Menurut Giovannoni, sebelum penemuan ini rekaman suara tertua di dunia berasal dari tahun 1888. Sedangkan rekaman ini tertanggal 1860.



====================================================================================
Silahkan berkomentar sobat-sobat ku, ^.^
Tapi jangan komentar hal-hal yang tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA ya.., hohoho...
Terima Kasih atas kunjungannya... ^0^!
====================================================================================