Sempat membuat saya sedikit pusing memikirkan logika mencari nilai terkecil dari sebuah array. Padahal waktu kuliah dulu sempat rasanya membuat cuma lupa. Setelah beberapa kali mencoba, akhirnya ketemu juga. Ternyata gampang banget.

Saya menggunakan script ini untuk sebuah project yang logika bisnisnya mencari member yang memiliki downline paling sedikit sehingga penyebaran refferal-nya bisa merata. Nah maka dari itu saya harus mencari anggota mana yang memiliki downline yang paling sedikit, kemudian sistem akan menambahkannya kepada anggota tersebut.

Logika dasar yang harus saya cari pertama kali adalah bagaimana cara saya membandingkan nilai yang ada dalam sebuah array kemudian membandingkan masing – masing nilai tersebut untuk mencari nilai yang paling kecil.

Saya menggunkan script PHP berikut:

function bandingkan_array(){
$MAX_VALUE=100;

$a=array(5,3,7);
for($i=0;$i($a) ;$i++)
if($a[$i] < $MAX_VALUE){
$MAX_VALUE=$a[$i];
}
}
return $MAX_VALUE;}

Pada baris kode diatas, pertama – tama yang saya lakukan adalah menentukan nilai Maximum ($MAX_VALUE) terlebih dahulu. Kemudian saya mendefinisikan sebuah array yang saya isi beberapa bilangan yang nantinya akan saya bandingkan untuk mencari nilai terkecilnya.

Selanjutnya saya tinggal melakukan looping / perulangan sebanyak jumlah array $a untuk melakukan perbandingan. Looping saya mulai dari array ke “0″

Setiap looping / perulangan saya melakukan perbandingan nilai, apakah nilai array ke $i lebih kecil dari nilai maximum $MAX_VALUE? Jika nilainya lebih kecil maka saya mengganti nilai $MAX_VALUE sebelumnya menjadi nilai $MAX_VALUE yang baru yang lebih kecil.

Ok mari kita coba teliti lebih detail lagi step demi step:

  1. $MAX_VALUE=100;
  2. Do Looping, $a[0]=5, $MAX_VALUE=100;
  3. Comparing, Apakah $a[0] = 5 lebih kecil dari $MAX_VALUE=100 (apakah 5 <>
  4. $MAX_VALUE yang baru = 5
  5. Next Looping,$a[1]=3, $MAX_VALUE=5;
  6. Comparing, Apakah $a[1] = 3 lebih kecil dari $MAX_VALUE=5 (apakah 3 <>
  7. $MAX_VALUE yang baru = 3
  8. Next Looping,$a[2]=7, $MAX_VALUE=3;
  9. Comparing, Apakah $a[2] = 7 lebih kecil dari $MAX_VALUE=3 (apakah 7 <>
  10. EXIT LOOPING
  11. RETURN $MAX_VALUE = 3

Begiutulah kira – kira logika sederhananya. MUDAH KAN? Selamat mencoba :)

Di PHP telah disediakan fungsi untuk mencari nilai minimum atau maximum dari sebuah array. misalnya echo min($a); atau echo max($a); tergantung kebutuhan Anda mau menggunakan yang mana :)


(wahya.biantara.com)


====================================================================================
Silahkan berkomentar sobat-sobat ku, ^.^
Tapi jangan komentar hal-hal yang tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA ya.., hohoho...
Terima Kasih atas kunjungannya... ^0^!
====================================================================================