Kenapa sobat musti tahu? Tebegaya sebetulnya gak mau tahu. Tapi jika sobat punya boss,sobat mungkin (dan memang harus) membuat boss sobat terkesan. Hmm, bayangkan si boss sobat itu memiliki pengaruh paling langsung atas kehidupan kerja sobat. Jadi ayo kita bikin si boss tersenyum.

Dan inilah, daftar 10 hal yang ingin di dengar oleh si boss:



10. "Semuanya sudah diatur""
Nah ini, kalau tebegaya jadi boss, rasanya ingin dan senang kala mendengar hal tersebut dari anak buah. Lah ya kalau tebegaya boss berarti ebegaya memiliki beban yang sangat berat dong. Indah banget kan mendengar kalimat itu? Jadi ketika si boss bertanya mengenai hal telah selesai dengan baik, katakan hal tersebut sama si boss secara jelas dan langsung. Beberapa karyawan terkadang bicara gak langsung, hal ini malah membuat si boss mengkhawatirkan apakah benar semuanya sudah berjalan baik. Jadi ketika sobat sudah menyelesaikan semuanya dengan baik, katakan saja dengan langsung.

9. "Kabar baik"
Coba kita bayangkan, seorang boss entunya sudah mendengar banyak sekali berita buruk. Maka ketika kita datang dan memberikan kabar baik, itu seperti setetes embun di kegersangan (puitis sekali). Bekerja adalah melakukan sesuatu dengan baik dan benar, tapi bukan berarti kita gak bisa mendapatkan kebanggan dan kesenangan dibaliknya kan. Jadi intinya bekerja dengan baik dan menjadikan hasilnya sebagai kabar yang indah untuk di dengar si boss. Menjadi sumber kebahagiaan buat si boss kan gak jelek-jelek amat.

8. "Tak masalah"
Memang tebegaya tidak pernah jadi boss, tapi tebegaya tahu persis bahwa boss itu menangani banyak karyawan, banyak klien, serta banyak tekanan. Jadi seandainya tebegaya menjadi boss, tebegaya pasti menginginkan karyawan yang tidak mudah mengeluh. Lah tebegaya aja bossnya yang punya lebih banyak masalah gak ngeluh kok. Jadi kalau sobat mendapatkan tugas yang memang mampu sobat lakukan, bilang saja "Gak masalah boss"

7. "Sudah ditangani"
Cepat aau lambat, kita pasti melakukan kesalahan. Dan ketika kesalahan itu terjadi, ada dua hal yang harus dilakukan, yaitu mengatakan kepada si boss apa yang terjadi dan mengabarkan juga apa yang telah kita lakukan untuk menanggulanginya.Tentu saja si boss pasti kesel kalau kita melakukan kesalahan,, tapi si boss akan semakin lebih kesal kalau dia tidak mendengarnya langsung dari kita, kesalahan kita disembunyikan sampai akhirnya semuanya kacau balau. Mengakui kesalahan akan membuat kita terlihat memiliki tanggung jawab besar. Nah, disinilah poinnya, oke kita melakukan kesalahan, tapi kita harus punya rencana untuk memperbaiki kesalahan tersebut, dan kasih tahulah si boss bahwa kita sedang memperbaiki kesalahan itu. Hal ini menunjukan bahwa kita menyadari kesalahan serta bertanggung jawab untuk memperbaikinya.

6. "menanggapi permasalahan X ini, saya fikir kita bisa melakukan A, B, C. Menurut bapak bagaimana?"
Oke, kita semua pasti pernah menghadapi masalah kan, dan gak ada salahnya meminta saran dari si boss. Tapi... sebelum pergi ke tempat si boss, sebaiknya kita memikirkan dulu beberapa kemungkinan tindakan yang bisa diambil. Jadi bukannya langsung nanya sama si boss musti gimana, karena itu seolah melepas tangan dan melemparkan masalah sama si boss.

5. "Saya tahu apa yang harus dilakukan untuk masalah X"
Tidak semua masalah mudah untuk ditangani dalam beberaopa menit, dan itu wajar kan, tapi kita harus terus berpikir mengenai masalah tersebut dan berusaha menemukan jalan keluar. Ketika kita menemukan sebuah solusi atau setidaknya sebuah langkah, katakan saja sama si boss.

4. "bisa dibilang sudah selesai"
Ketika anda mengucapkan ini, si boss akan merasa bahwa dia elah menyerahkan suatu tugas kepada seseorang yang terpercaya. Ini adalah langkah untuk menjadi seorang tangan kanan yang bisa diandalkan.

3. "saya akan menanganinya secara pribadi"
Ini sebetulnya kelanjutan dari "bisa dibilang sudah selesai". Jika sobat memiliki reputasi yang baik dalam menangani perkara-perkara rumit, maka mengucapkan bahwa sobat akan menanganinya secara pribadi itu akan membuat si boss berpikir bahwa perkara tersebut bukan hanya akan terselesaikan, tapi juga terselesaikan dengan standar yang baik yang dia harapkan dari sobat.

2. "saya menemukan cara yang lebih murah"
Yang namanya boss, akan selalu berfikir 2 hal, menambah keuntungan, dan memangkas biaya. Banyak orang bilang "kita butuh lebih banyak pelanggan", tapi jika sobat bisa menemukan suplier yang 10% lebih murah, boss pasti akan sangat senang.

1. "Biar saya yang menjalankan ide bapak"
Memiliki karyawan yang punya inisiatif berarti si boss bisa fokus menjalankan pekerjaan-pekerjaannya, dia tidak perlu khawatir bahwa sobat cuma duduk dan menunggu arahannya. Tetapi, boss tidak akan senang kalau kita melakukan suatu hal tanpa meminta pendapatnya. Sebagai orang yang bertanggung jawab di departemennya, si boss ingin memastikan bahwa semuanya berjalan baik. Jadi munculkanlah ide yang baik, dan pastikan si boss mendapatkan manfaat dari buah pemikiran sobat.



====================================================================================
Silahkan berkomentar sobat-sobat ku, ^.^
Tapi jangan komentar hal-hal yang tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA ya.., hohoho...
Terima Kasih atas kunjungannya... ^0^!
====================================================================================