Axolotl (Ambystoma mexicanum) adalah jenis salamander yang menghabiskan hidupnya dalam bentuk larva. Binatang eksotis nan unik ini kadang-kadang disebut sebagai "Ikan Berjalan Meksiko" karena ia terlihat seperti ikan yang memiliki tangan dan kaki. Namun, Axolotl sebenarnya tidak sejenis ikan, tetapi langka jenis salamander yang ditemukan di Mexico City. Axolotl panjang bisa mencapai 30 cm, namun ukuran rata-rata hanya 15 cm. Warna tubuh mereka yang kepirangan hitam atau cokelat rata-rata dan banyak yang albino dengan warna pink lucu tersebut. Hewan ini memiliki insang yang berada di luar tubuhnya. Insang tampaknya berada di samping kepalanya sehingga sepintas terlihat seperti tanduk. Timur orang sering menciptakan sebuah fantasi yang berhubungan dengan legenda naga, sehingga mereka sering disebut sebagai ikan naga.

Axolotl kadal termasuk yang memiliki umur panjang, Axolotl bisa hidup sampai 10-15 tahun dan dapat tumbuh hingga 60cm, bahkan pernah menangkap ekor Axolotl raksasa di pedalaman Meksiko yang sampai dengan 1,4 meter, penemuan itu benar-benar mengejutkan, namun setelah hati-hati oleh para ahli itu hanya situasi abnormal yang jarang terjadi (gigantisme)


Axolotl selalu hidup di air dan suka makan ikan kecil, cacing, dan larva. Hewan-hewan ini kadang muncul di permukaan air, namun ada juga yang matang dan tumbuh di depan tidak pernah timbul di permukaan air dan hanya tinggal di dasar danau selama hidupnya. Spesies salamander Salamander diklasifikasikan dalam spesies salamander berbahaya, karena bisa mengeluarkan garam beracun dari mulutnya, tetapi jika kelenjar dalam limbah dengan benar, hewan ini dapat membuat hewan peliharaan lucu.




====================================================================================
Silahkan berkomentar sobat-sobat ku, ^.^
Tapi jangan komentar hal-hal yang tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA ya.., hohoho...
Terima Kasih atas kunjungannya... ^0^!
====================================================================================