Kapten AS Roma, Francesco Totti mengatakan, jika sepak bola Italia ingin sukses di masa mendatang, maka klub-klub dan timnas Italia harus belajar banyak dari Barcelona dalam mengembangkan pemain muda.

Totti berkaca pada tiga kandidat peraih Ballon d’Or tahun ini yang semuanya merupakan didikan La Masia, akademi junior Barca. Baik Xavi, Lionel Messi, dan Andres Iniesta, merupakan hasil buah kesabaran Barca bertahun-tahun dalam membina pemain muda sampai akhirnya mereka jadi yang terbaik seperti sekarang.

“Mereka memiliki tiga pemain yang bertengger di urutan tiga teratas nominasi Ballon d’Or. Sedangkan kita tidak ada satu pun. Barca selalu fokus dalam pembinaan pemain muda, sedangkan kita tidak," ujar Totti.

Tak hanya masalah pembinaan, Totti juga meilihat ada aspek buruk lain dalam sepak bola Italia. “Bukan hanya itu saja, kita juga memiliki masalah lain seperti stadion dan lapangan. Roma sendiri telah menjadi korban dari buruknya kondisi lapangan saat melawan Chievo Verona, akhir pekan lalu,” tuntas Totti.

Selain ketiga pemain di atas, total ada Barca memiliki 16 pemain didikan asli dari 30 anggota skuad musim ini. Bahkan pelatih Barca, Pep Guardiola, juga merupakan binaan asli akademi sepak bola "Azulgrana".



====================================================================================
Silahkan berkomentar sobat-sobat ku, ^.^
Tapi jangan komentar hal-hal yang tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA ya.., hohoho...
Terima Kasih atas kunjungannya... ^0^!
====================================================================================