Perancis, Kamis (17/3/2011), akan mengirimkan pesawat yang membawa 95 ton boron, sebuah elemen yang menghambat radiasi, untuk membantu Jepang mengatasi krisis di pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima. Hal ini dikatakan Menteri Energi dan Industri Eric Besson.

Pesawat pertama yang membawa 95 ton boron berangkat Kamis pagi, kata Besson kepada televisi Perancis. Dia tidak menjelaskan apakah pesawat itu membawa boron, sebuah elemen yang menyerap neutron, dalam bentuk bubuk atau cair.

Besson mengatakan bahwa Perancis telah menawarkan boron pada Sabtu, sehari setelah gempa bumi terbesar dalam sejarah Jepang terjadi. ”Tapi, mungkin pihak Jepang tidak berpikir itu bermanfaat atau tidak punya waktu untuk menjawab,” kata Besson.

Helikopter militer Jepang pada Kamis menyiram berton-ton air ke PLTN Fukushima untuk menutupi balok bahan bakar nuklir yang disimpan di dalam tangki. Jumlah air di kolam itu telah jatuh ke tingkat berbahaya melalui penguapan sehingga mengekspos balok bahan bakar yang dapat menimbulkan risiko kenaikan suhu yang bisa menyebabkan balok bahan bakar itu terbakar.


====================================================================================
Silahkan berkomentar sobat-sobat ku, ^.^
Tapi jangan komentar hal-hal yang tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA ya.., hohoho...
Terima Kasih atas kunjungannya... ^0^!
====================================================================================