Para ilmuwan telah mendapatkan jawaban mengapa gangguan gusi menambah risiko penyakit jantung.

gusi

Kaitan antara gusi dan penyakit jantung sudah dikaji sejak lama namun selama ini tidak diketahui mengapa gangguan gusi bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit jantung.

Para ilmuwan Inggris dan Irlandia sekarang mengatakan bakteri bisa masuk melalui gusi yang bengkak dan bakteri ini meninggalkan endapan protein yang menyebabkan penyumbatan darah.

Mereka menjelaskan bakteri streptococcus, begitu masuk ke aliran darah, akan membuat protein PadA yang memaksa keping darah menempel satu sama lain.
Penyumbatan darah

Proses inilah yang menyebabkan penyumbatan darah.

"Keping darah yang menempel satu sama lain menjadi rumah perlindungan bagi bakteri," kata Profesor Howard Jenkinson, yang memimpin tim peneliti.

Akibatnya sistem imunisasi tak bisa bekerja dan obat antibiotika tak efektif menyembuhkan infeksi.

"Sayangnya, selain melindungi bakteri, keping-keping darah yang menempel satu sama lain juga menyebabkan penyumbatan aliran darah ke jantung dan otak," jelas Jenkinson.

Sebelumnya penelitian terhadap 11.000 orang di Skotlandia menunjukkan mereka yang tidak menyikat gigi setidaknya dua kali sehari memiliki risiko lebih besar terkena penyakit jantung.

Meski sudah ada penjelasan mengenai kaitan gusi dan penyakit jantung, para ilmuwan mengatakan untuk memperkuat kesimpulan ini masih diperlukan kajian dan penelitian lebih jauh.



====================================================================================
Silahkan berkomentar sobat-sobat ku, ^.^
Tapi jangan komentar hal-hal yang tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA ya.., hohoho...
Terima Kasih atas kunjungannya... ^0^!
====================================================================================