Sebagai pria, mungkin Anda mahir dalam bercinta. Tapi, belum tentu Anda tahu dengan kehebatan sperma hingga membuat pasangan berbadan dua.

Sperma dibuat sebagai respons terhadap hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar pertumbuhan (pituitary gland). Keluarnya hormon ini memicu produksi testosterone di dalam testikel (buah pelir), yang membuat sperma menjadi masak. Sperma dibuat di dalam testikel dan menjadi masak di saluran-saluran yang disebut epididimis, yang terletak di atas setiap testikel.

Sperma kemudian bergerak melalui saluran (vas) dan bercampur dengan cairan yang berasal dari kelenjar lainnya. Cairan ini terdiri dari protein, enzim-enzim, dan zat pelicin yang menyuburkan sperma dan mempermudah gerak sperma. Cairan yang bercampur dengan sperma ini disebut semen (air mani).

Seperti yang dikutip dari buku Wendy Darvill dan Kelsey Powell The Puberty Book , Sperma mulai diproduksi di buah pelir (testikel) kira-kira setahun setelah penis dan testikel mulai berkembang. Sedangkan apabila pria mengalami ejakulasi.

Air mani, yaitu cairan yang terdiri atas sperma yang keluar dari penis yang berereksi. Banyaknya air mani yang keluar setiap kali terjadi ejakulasi kira-kira 5 ml atau satu sendok teh. Di dalam air mani seorang pria dewasa terkandung antara 200 sampai 500 juta sperma.

Ukuran sperma kecil sekali. Sebagai perbandingan, untuk memenuhi kepala sebuah jarum dibutuhkan 1 juta sperma. Panjang sebuah sperma yang masak kira-kira 0,05 mm. Bentuknya seperti cebong atau berudu dan memiliki kepala yang berbentuk oval. Kepala ini berguna untuk menembus telur (ovum). Ekor sperma bergerak ke kiri dan kanan untuk membantunya bergerak ke atas melalui rahim (uterus) kearah saluran falopi, yang kemungkinan berisi telur.

Jika pembuahan telah terjadi, sel akan mulai membelah dan melipatgandakan diri. Ketika proses ini berlangsung, telur yang telah dibuahi akan bergerak kembali ke bawah melalui saluran falopi, terus menuju ke rahim. Peristiwa ini akan memakan waktu kira-kira lima hari. Di dalam rahim, telur yang telah dibuahi akan menanamkan diri ke dinding rahim dan terus berkembang di sana.





====================================================================================
Silahkan berkomentar sobat-sobat ku, ^.^
Tapi jangan komentar hal-hal yang tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA ya.., hohoho...
Terima Kasih atas kunjungannya... ^0^!
====================================================================================