Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan pemerintah memberikan perhatian besar kepada perkembangan dunia usaha. Apabila dunia usaha berkembang dengan baik, pertumbuhan ekonomi pun dapat meningkat.

SBY juga berharap kemitraan pemerintah dengan Kadin terus berjalan, terutama dalam menghadapi krisis ekonomi.
"Kita sama-sama tahu ragam kompleksitas masalah yang dihadapi, baik nasional, di regional Asia, dan dunia. Pemerintah tahu harapan (Kadin), dan saudara juga tahu kesulitan pemerintah," kata Presiden saat memberikan sambutan di Musyawarah Nasional VI Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, di Jakarta Convention Center, Jumat 24 September 2010.
Presiden pun memberikan lima pesan kepada Kadin Indonesia. Pertama, SBY meminta agar pengusaha melihat peluang bisnis tidak berpatokan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), melainkan dari produk domestik bruto (PDB).

"Kalau APBN besarannya hanya Rp1.100 triliun, sedangkan PDB menurut sensus Rp6.370 triliun. Ini berarti enam kali lebih besar. Kalau secara cerdas diikuti, tentu lebih bagus," ujar SBY.

Kedua, SBY meminta pengusaha yang tergabung di dalam Kadin fokus membangun dan memperkokoh hubungan domestik. Ini berarti perbaikan infrastruktur di daerah harus menjadi perhatian.

Ketiga, SBY mengingatkan luasnya pasar dalam negeri sebagai peluang yang harus dimanfaatkan. Pendapatan per kapita Indonesia yang mencapai US$2.963 memperlihatkan daya beli masyarakat yang tinggi.

Keempat, SBY meminta Kadin membantu pemerintah dalam menghilangkan sumbatan-sumbatan yang selama ini menghambat pembangunan. "Pertumbuhan ekonomi enam persen, bayangkan kalau kita bereskan yang tidak benar, itu akan tumbuh lagi," tutur Presiden.

Kelima, SBY meminta dunia usaha meningkatkan sumber daya manusia sehingga dapat berinovasi. Dengan demikian ekonomi terus tumbuh dengan makin kuat, berimbang, dan berkelanjutan. (umi)



====================================================================================
Silahkan berkomentar sobat-sobat ku, ^.^
Tapi jangan komentar hal-hal yang tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA ya.., hohoho...
Terima Kasih atas kunjungannya... ^0^!
====================================================================================