Penyebab rasa mual:
1. Agan memiliki tenggorokan yang sensitif. Bagian belakang tenggorokan mengalami kontraksi yang menghentikan obyek memasuki tenggorokan.
2. Agan gosok giginya terlalu kencang sehingga menekan tenggorokan. Ingat kan, seorang penderita bulimia biasanya mencolok mulutnya sampai akhirnya muntah.
3. Faktor psikologis, karena Agan pernah muntah saat menggosok gigi terlalu kencang. Kejadian tak sengaja itu rupanya membekas, sehingga Pikiran negatif juga bisa menyebabkan kejadian yang negatif. (like this)
4. Naiknya asam lambung (maag). Coba Agan perhatikan, apakah di antara busa pasta gigi Agan terdapat cairan kental berwarna bening kekuningan?

Tips mengatasinya:
1. Bernafas melalui mulut saat menggosok gigi. Tarik nafas dalam-dalam saat ingin muntah, dan hindari menahan nafas, atau berkonsentrasi bernafas dengan satu cara, karena hal itu hanya akan memperparah keadaan.
2. Jangan membuka mulut terlalu lebar atau dengan kaku. Lemaskan otot-otot mulut dan tenggorokan Agan. Bila memungkinkan, gosoklah gigi perlahan tanpa membuka mulut. Jika asam lambung naik, buang dulu busa pasta gigi Agan.
3. Jangan memasukkan sikat gigi terlalu dalam, dan menyikat dengan kuat, karena tanpa sengaja tangan Agan bisa menyodok terlalu keras.
4. Ganti sikat gigi dengan bulu yang lebih lembut, atau ganti pasta gigi dengan rasa yang tidak terlalu pedas. Agan bisa memilih pasta gigi yang rasanya disukai, misal rasa strawberry, jeruk, apel, duren, jengkol, dll
5. Minum air hangat saat bangun tidur, lalu berkumur dengan air hangat saat menggosok gigi.

Semoga bermanfaat..



====================================================================================
Silahkan berkomentar sobat-sobat ku, ^.^
Tapi jangan komentar hal-hal yang tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA ya.., hohoho...
Terima Kasih atas kunjungannya... ^0^!
====================================================================================