2008:

Januari

* 27 Januari - Mantan presiden Soeharto meninggal dunia karena komplikasi kesehatan.

Februari

* 20 Februari - Sebuah gempa bumi dan disusul oleh dua gempa susulan melanda Kabupaten Simeulue, Aceh. Penduduk Aceh yang masih trauma dengan Tsunami 2004 ketakutan akan adanya tsunami.

April

* 13 April - Pilkada Jabar terdiri dari 3 pasangan, pemenangnya adalah Ahmad Heryawan dan Dede Yusuf

Mei

Presiden SBY mengumumkan rencananya untuk Indonesia mundur dari Organisasi Pengekspor Minyak Sedunia karena impor minyak Indonesia sudah lebih besar dari jumlah ekspornya serta produksi minyak yang gagal. Terjadi demonstrasi atas rencana pemerintah menaikkan harga minyak untuk mengurangi subsidi pemerintah.

* 13 Mei - Kontes Putri Indonesia diselenggarakan untuk kali keempat. (Lihat pula: Miss Indonesia 2008)

Juni

* 1 Juni - Insiden Monas - memicu aksi protes terhadap kekerasan secara nasional.

Juli

Laporan akhir oleh komisi gabungan Indonesia dan Timor Leste menyalahkan Indonesia atas pelanggaran HAM. Presiden SBY menyampaikan "penyesalannya yang mendalam".

* 5-17 Juli - Pekan Olahraga Nasional XVII diselenggarakan di Kalimantan Timur

Agustus

* 8-24 Agustus - Indonesia turut berlaga dalam Olimpiade Beijing 2008. Indonesia berhasil memperoleh 1 emas, 1 perak, dan 3 perunggu, yang membuat tradisi emas Indonesia sejak 1992 tetap terjaga. (Lihat pula: Indonesia pada Olimpiade 2008)

* 15 Agustus - Puteri Indonesia 2008

September

* 15 - Tragedi Pasuruan - pembagian zakat yang menimbulkan 21 korban jiwa.

November

* 9 November - Trio terpidana mati Bom Bali 2002, Amrozi, Ali Gufron, dan Imam Samudera dieksekusi pada pukul 00.15 WIB di Nusakambangan, Cilacap, Jawa Tengah.


2009:

April

* 9 April - Pemilihan umum anggota DPR, DPD, DPRD dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. Pemenangnya adalah Partai Demokrat, Golkar dan PDIP.

Mei

* 4 Mei - Antasari Azhar, Ketua KPK dianggap sebagai tersangka dalam kasus pembunuhan Direksi PT. Putra Rajawali Banjaran, Nasruddin Zulkarnaen.

Juni

* 5 Juni - Miss Indonesia 2009

* 12 Juni - Sebuah helikopter Puma milik TNI-AU jatuh di Bogor hingga menyebabkan 4 awaknya tewas.

Juli

* 8 Juli - Pemilihan umum presiden dan wakil presiden dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. Pemenangnya adalah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono dalam masa jabatan 2009-2014.

* 17 Juli - Terorisme kembali mengguncang Indonesia, khususnya di Jakarta. Sebuah bom meledak di dua hotel ternama yaitu JW Mariott dan Ritz Charlton. Peristiwa ini mengakibatkan 9 orang meninggal dunia dan 53 terluka (termasuk 16 WNA dan 37 WNI). Pelakunya adalah Noordin M. Top dan Ibrohim.

September

* 2 September - Gempa berkekuatan 7,3 Skala Richter mengguncang wilayah Jawa Barat bagian selatan yang berpusat di 142 km barat daya Tasikmalaya. Gempa ini mengakibatkan puluhan orang dilaporkan tewas dan ratusan orang lainnya dilaporkan mengalami luka-luka, dikarenakan gempa. Gempa ini juga dirasakan hingga Bali. Lalu, terjadi gempa susulan berkekuatan 4,9 pada Skala Richter pada pukul 16.28 WIB pada tanggal 2 September 2009. (lihat pula: Gempa bumi Jawa Barat 2009)

* 7 September - Gempa terjadi di Yogyakarta pada 7 September 2009 berkekuatan 6,8 skala Richter yang diperkirakan terkait dengan yang terjadi sebelumnya di Jawa Barat. Gempa ini tidak menimbulkan kerusakan.

* 30 September - Terjadi kembali gempa berkekuatan 7,6 Skala Richter mengguncang Sumatera Barat, dan mengakibatkan 1.117 orang tewas, 1.214 orang luka berat, 1.688 orang luka ringan dan 1 hilang. (Lihat pula: Gempa bumi Sumatera Barat 2009)

Oktober

* 9 Oktober - Puteri Indonesia 2009


2010:

April

* 14 April - Kerusuhan terjadi di Koja, tepatnya di areal makam Mbah Priok dan sekitarnya, melibatkan Satpol PP dan warga, mengakibatkan sedikitnya tiga orang tewas dan ratusan luka-luka.

Mei

* 1 Mei - Dimulainya Sensus Penduduk Indonesia 2010. Awalnya sensus ditargetkan selesai pada 31 Mei 2010. Namun pada tanggal 31 Mei 2010, BPS memperpanjang waktu sensus hingga tanggal 15 Juni 2010.[1][2]

Juni

* 1 Juni - Kontes Putri Indonesia diselenggarakan untuk kali keenam (Lihat pula: Miss Indonesia 2010)
* 29 Juni - Sebuah kecelakaan menimpa Kereta Api Logawa jurusan Purwokerto-Jember yang terjadi di antara wilayah Saradan - Wilangan. Kecelakaan ini mengakibatkan 6 penumpang tewas dan 73 penumpang lainnya luka-luka.

Agustus

* 18 Agustus - Sebuah perampokan terjadi di Kota Medan, Sumatera Utara yaitu di Bank CIMB Niaga cabang Medan Aksara Jl. AR Hakim, Medan. Bank ini disatroni kawanan perampok berjumlah kurang lebih 16 orang dan perampok sadis yang menewaskan seorang Brimob itu pun masih diburu.

September.

* 26 September - Sebuah bentrokan yang melibatan dua warga terjadi di Kota Tarakan, Kalimantan Timur.

Oktober

* 2 Oktober - Sebuah kecelakaan kembali menimpa Kereta Api Argo Bromo Anggrek jurusan Jakarta-Surabaya yang menabrak Kereta api Senja Utama Semarang jurusan Jakarta-Semarang. yang diperkirakan terjadi pada pukul 02:48 WIB yang terjadi di Petarukan, Pemalang, Jawa Tengah. Kecelakaan ini mengakibatkan 36 penumpang tewas, dan 50 penumpang lainnya luka-luka. Selain itu, kecelakaan juga menimpa Kereta api Bima jurusan Jakarta-Surabaya yang menyerempet gerbong terakhir Kereta api Gaya Baru pada 2 Oktober 2010 yang diperkirakan terjadi pada pukul 02:35 WIB yang terjadi di Stasiun Purwosari, Solo,Jawa Tengah dan mengakibatkan 1 orang tewas dan 4 orang lainnya terluka.

* 8 Oktober - Puteri Indonesia 2010

* 25 Oktober - Gempa berkekuatan 7.7 skala Richter disertai tsunami mengguncang Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Gempa ini mengakibatkan 286 orang tewas, 252 orang luka berat, 200 hilang. (Lihat pula: Gempa bumi Kepulauan Mentawai 2010)

* 26 Oktober - Gunung Merapi kembali meletus dan melanda daerah di sekitar DI Yogyakarta dan Jateng yaitu Sleman, Boyolali, Magelang dan Klaten. Peristiwa ini mengakibatkan sedikitnya 165 orang tewas, termasuk Mbah Maridjan.

November

* 9 November - Setelah kunjungan empat hari di India, Presiden AS Barack Obama dan isterinya Michelle Obama mengunjungi Jakarta, Indonesia selama 2 hari. Pukul 16.22 WIB Obama tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta untuk menuju ke Istana Negara, Jakarta. Kemudian, pada pukul 17.00 WIB Obama tiba di Istana Negara dan disambut dalam upacara kenegaraan. Lalu, Obama mengadakan pertemuan bilateral dengan presiden SBY. Pada malam harinya, Obama menginap di Hotel Shangri-La, Jakarta.

* 10 November - Pada hari kedua kunjungan Obama ke Indonesia, Obama bersama isterinya Michelle Obama mengunjungi Masjid Istiqlal, Jakarta. Setelah ke Masjid Istiqlal, Obama mengunjungi ke Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat untuk memberikan kuliah umum. Lalu, Obama mengunjungi Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan untuk menghormati pahlawan dengan meletakkan karangan bunga, tetapi dibatalkan. Kemudian, Obama meninggalkan Jakarta dengan pesawat Air Force One dari Halim menuju Seoul, Korea Selatan untuk mengikuti KTT G-20.

Desember

* 29 Desember - Indonesia menjadi juara kedua Piala AFF 2010, setelah dikalahkan oleh Malaysia di babak final dengan skor 4-2.



====================================================================================
Silahkan berkomentar sobat-sobat ku, ^.^
Tapi jangan komentar hal-hal yang tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA ya.., hohoho...
Terima Kasih atas kunjungannya... ^0^!
====================================================================================