Kebanyakan orang menganggap kegembiraan saat berwisata didapat dari pengalaman baru. Kendati demikian, tak sedikit pula yang merasa pengalaman berpetualang yang mendebarkan bisa didapat dari wisata kuliner makanan-makanan tertentu. Untuk itu, anggota dan editor situs perjalanan wisata VirtualTourist.com muncul dengan daftar 10 makanan paling tidak biasa di dunia. Berikut daftar tersebut seperti dilansir Reuters:



1. Kue Darah Babi, Taiwan
Di Taiwan, kue darah babi dijual pada tongkat kayu dan dimakan seperti es krim. Sejenis manisan yang terbuat dari darah babi dan beras ini mudah ditemukan di pasar-pasar.

2. Gurita Hidup, Korea Selatan
Tak seperti cumi yang sudah mati dan tak bergerak, gurita di Korea Selatan acapkali disajikan di meja makan saat masih hidup dan bergerak. Kokinya mengatakan hidangan ini lebih baik dimakan dengan cepat.

3. Belalang, Uganda, Afrika Timur
Ditangkap saat musim hujan dan dimakan baik mentah maupun dimasak matang, belalang tetaplah makanan favorit abadi setempat. Dijual dengan atau tanpa sayap dan kaki, binatang ini dapat dengan mudah ditemukan di pasar lokal.

4. Merpati, Prancis
Banyak orang menganggap merpati sebagai binatang jalanan yang kotor. Namun lain halnya dengan beberapa restoran-restoran terbaik di Prancis. Unggas yang satu ini justru dijual sebagai hidangan mahal lantaran tak sedikit yang menggemari kelezatannya. Kendati demikian, hingga kini merpati masih berjuang agar dapat diterima di sebagian besar dunia sebagai sebuah kuliner.

5. Durian, Malaysia
Beberapa hotel di Malaysia memasang tanda larangan terhadap buah berduri ini lantaran aromanya yang terlalu kuat dan kerap mengganggu turis. Kendati demikian, sangat banyak orang Malaysia yang mencintai rasa buah yang satu ini.

6. Lutefisk, Norwegia
Direndam dalam larutan alkali, ikan bergetah yang satu ini butuh waktu beberapa hari untuk disiapkan. Selain itu, ikan ini juga digambarkan sebagai salah satu bahan makanan dengan cita rasa paling aneh yang pernah dibuat. Meski memiliki reputasi rasa yang kurang enak, hidangan ini tetap saja populer di Norwegia.

7. Belatung, Australia
Makanan ringan berwarna putih dan kaya protein ini sebenarnya adalah larva ngengat. Belatung atau tempayak merupakan makanan serangga penting di daerah padang pasir dan pernah menjadi makanan pokok sebagian suku Aborigin.

8. Anggur Ular, Vietnam
Minuman ini diyakini berfungsi sebagai obat. Tak hanya terbaut dari darah ular, koktail yang rasanya sangat kuat ini dimasukkan ke dalam botol sekaligus bersama ularnya. Terkadang makhluk lain seperti kalajengking juga ikut dimasukkan ke dalam botol tersebut.

9. Keledai, Italia
Diiris-iris dan dimakan seperti prosciutto atau daging ham. Inilah cara terbaik menyajikan daging untuk roti lapis yang biasa ditemukan bahkan dipesan di bar-bar setempat ini.

10. Burung Unta, Afrika Selatan
Orang-orang di Afrika Selatan menganggap burung unta lebih sehat dari pada daging lainnya lantaran rendah kolesterol. Sehingga, binatang ini menjadi semakin populer di seluruh dunia. Hidangan apa pun yang terbuat dari burung unta, mulai dari burger hingga dadar yang terbuat dari telur burung unta, menghiasi daftar menu di negara ini.(AND)



====================================================================================
Silahkan berkomentar sobat-sobat ku, ^.^
Tapi jangan komentar hal-hal yang tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA ya.., hohoho...
Terima Kasih atas kunjungannya... ^0^!
====================================================================================