Mantan Presiden Ceko Kunjungi Indonesia

Mantan Presiden Ceko Vaclav Havel menyampaikan keinginan untuk berkunjung ke Indonesia. Counsellor Politik KBRI Praha, Azis Nurwahyudi di London, Rabu (19/1) mengatakan, keinginan itu diungkapkan ketika menerima kunjungan kehormatan Duta Besar RI untuk Republik Ceko, Emeria Siregar di Praha, Ceko.

Emeria Siregar menjelaskan, pihaknya juga telah berkunjung ke berbagai daerah di Ceko sebagai upaya meningkatkan berbagai kerja sama bilateral.

Kepada tokoh reformasi Ceko berusia 74 tahun tersebut, Dubes menyampaikan proses perkembangan demokrasi di Indonesia yang telah
berlangsung sejak 1998.

Emeria Siregar meminta Havel menjadi patron pada acara-acara kebudayaan Indonesia di Ceko, mengingat Havel adalah budayawan Ceko yang legendaris.

Menanggapi hal tersebut, Vaclav Havel, tokoh yang memimpin Revolusi Beludru di Cekoslovakia tahun 1989, menyambut baik hubungan bilateral yang semakin hangat antara Indonesia-Ceko dan secara tegas menyanggupi untuk menjadi patron kegiatan budaya Indonesia di Ceko.

Atas keinginan mantan Presiden Vaclav Havel untuk berkunjung ke Indonesia, Emeria Siregar menyatakan, sangat menyambut baik dan akan
mengupayakan pihak Indonesia untuk mengundangnya.

Pertemuan singkat yang berjalan hangat tersebut merupakan salah satu upaya KBRI Praha dalam memperkenalkan kembali Indonesia baru kepada para elit politik Ceko.

Pada kunjungan tersebut, Dubes menyampaikan penghargaan atas upaya Pemerintah Ceko untuk melestarikan kastil-kastil indah yang merupakan warisan budaya nasional (national heritage) dan menyerahkan kenang-kenangan berupa kain tenun dan keris dari perak sambil menjelaskan keris merupakan warisan budaya Indonesia yang diakui UNESCO.


====================================================================================
Silahkan berkomentar sobat-sobat ku, ^.^
Tapi jangan komentar hal-hal yang tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA ya.., hohoho...
Terima Kasih atas kunjungannya... ^0^!
====================================================================================