Gayus Tambunan mengungkapkan, John Jerome Grice, orang yang diduga membuat paspor palsu adalah agen CIA. Orang dari CIA itu, kata Gayus, dekat dengan salah seorang anggota Satgas Anti Mafia Hukum.

Anggota Satgas Pemberantasan Mafia Hukum, Mas Achmad Santosa, mengaku tidak kenal dengan John Grice. "Kok nanyanya ke saya. Kenal juga tidak. No, tidak kenal saya," kata Mas Achmad Santosa di Istana Kepresidenan, Rabu 19 Januari 2011.

Nama John Grice ini muncul dipublikasikan pertama kali oleh kepolisian. Polisi menduga John yang warga negara Amerika Serikat itu sebagai otak pembuatan paspor atas nama Sony Laksono. Mabes Polri kini sedang memburu Jhon.

Paspor atas nama Sony Laksono itu digunakan Gayus untuk bepergian ke Hongkong, China, Singapura, dan Malaysia.

Selain paspor Sony Laksono, polisi juga menduga John berada di balik pembuatan paspor Guyana atas nama Yosep Moris. Paspor dengan foto mirip Gayus Tambunan itu tercatat orang mirip Gayus itu terlahir pada 9 Mei 1979. Paspor bernomor 1209595 itu berlaku dari 23 Juli 2007 sampai 22 Juli 2012.

Tak hanya paspor mirip Gayus, penyidik Polri juga menemukan paspor asing dari negara Guyana dengan foto mirip istri Gayus, Milana Anggraeini. Paspor mirip Milana itu atas nama Ann Morris dengan nomor paspor 1209191. Orang yang mirip Milana itu tercatat lahir pada 6 Februari 1979, dan paspor itu berlaku mulai 18 Juli 2007.

Polri menduga, paspor ini dibuat setelah paspor Gayus atas nama Sony Laksono yang digunakan Gayus bepergian ke beberapa negara. Jika paspor Sony Laksono dibuat antara Juni sampai Juli 2010, Paspor atas nama Yosep Morris ini dibuan antara Juli hingga Agustus 2010. Atas paspor itu, Polri juga telah mengkonfirmasi ke Kedutaan Guyana yang berada di Jakarta.




====================================================================================
Silahkan berkomentar sobat-sobat ku, ^.^
Tapi jangan komentar hal-hal yang tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA ya.., hohoho...
Terima Kasih atas kunjungannya... ^0^!
====================================================================================